Petualangan ke Palangka Raya Berujung di Sungai Kahayan

Senengnya selama 4 hari (6-9/02/2013) di Palangka Raya. Rasanya waktu begitu cepat terlewat. Seneng karena aku bertemu dengan banyak kawan-kawan yang punya semangat belajar tingkat tinggi. Kawan-kawan pemerhati lingkungan dari kampung-kampung pedalaman di Kalimantan, tepatnya Kalimantan Tengah (Kalteng).

Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan pengelolaan informasi kampung yang diselenggarakan oleh Kemitraan Kalteng. Bersama mereka belajar bagaimana pentingnya informasi, cara mengelola informasi, dan bagaimana mengemas informasi tersebut ke dalam bentuk berita dalam berbagai media.

image

Mereka berasal dari beberapa daerah di Kalteng, seperti Katingan, Sampit, Mantangai, Kapuas, Pulang Pisau. Siang harinya kita bertemu di gedung Training Center REDD+ Palangka Raya, malamnya kita belajar dan ngobrol santai di penginapan sampai tengah malam.

image

Menurutku yang paling mengesankan adalah jalan-jalan naik perahu menyusuri sungai Kahayan. Jadi teringat masa kecil yang mandi di sungai, dan dimarahin sama Bapak setelahnya. Aku merasakan Indonesiaku begitu kaya, damai, dan pokoknya sangat menyenangkan jadi anak Indonesia.

image

Sudah 3 kali ini aku berkunjung ke Palangkaraya, kunjungan yang ketiga ini yang kurasa paling berkesan. Kebersamaan dengan kakak, adik yang memang bukan kandung sangat menggembirakan. Apalagi aku diminta menyetir perahu motor, dan ini pengalaman pertamaku… heuheu.

image

image

Terimakasih kepada semua yang kuanggap sebagai keluargaku, bersama kalian kali ini sangat mengesankan. Tak lupa terimakasih juga kepada Lembaga yang membiayai jalan-jalan ini di Palangka Raya, jika kalian ke Jogja mampirlah ke gubug kami. Jika pengin jalan-jalan kelak di Jogja akan kuajak kalian naik Andong. Terimakasih untuk semuanya, semoga kita diberi kesempatan lagi untuk bersama.

Celotehan ini ditulis pada saat transit di bandara Soekarno-Hatta Jakarta menunggu pesawat menuju Jogja

Berikut videonya menyusul:

2 thoughts on “Petualangan ke Palangka Raya Berujung di Sungai Kahayan

    1. khayate Post author

      Heuheu…. saya menulis ringan juga untuk meninggalkan jejak bahwa saya pernah punya momen bareng kawan-kawan di Palangka :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *